CONTOH PIDATO/SAMBUTAN PENYERAHAN CALON PENGANTIN PRIA

  
     بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
   
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه 
Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Nikah)

Pembaca budiman, semoga Allah Swt. selalu melimpahkan Rahmat serta BimbinganNya untuk kita sekalian, dalam menjalani kehidupan di dunia ini, semata untuk beribadah kepadaNYa. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khasanah Islam beberapa hari silam, telah memposting : CONTOH SAMBUTAN PENERIMAAN LAMARAN UNTUK CALON MEMPELAI WANITA.

Kali ini akan saya sampaikan : Contoh Pidato/Sambutan Penyerahan Calon Penganten Pria.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛
Artinya :
Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuk baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah semoga doa dan kesalamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat. dan sesudahnya...


Kepada keluarga besar Bapak ............. dan ibu ............. yang saya hormati, kepada bapak penghulu yang kami hormat, kepada para pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat yang kami hormat, kepada alim ulama, para asatidz, asatidzah, dan para sesepuh yang kami hormat, serta hadirin sekalian yang kami muliakan.


Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt, yang telah mencurahkan rahmat, nikmat, kesehatan, dan hidayahNya, sehingga pada kesempatan pagi yang berbahagia ini kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam rangka menghadiri, dan menjadi saksi moment yang sakral ini, antara dua insan yang melaksanaan akad nikah antara Saudara ............. putra dari bapak ............. dan ibu ............. dengan Saudari ............. putri dari  bapak ............. dan ibu .............

Sholawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw, serta keluarganya, para sahabat, tabi'in, tabiut tabi'in dan insya Allah kepada kita semua yang hingga saat ini, bahkan detik ini, masih istiqamah menjalankan risalah yang dibawa beliau, mudah-mudah kita akan mendapat syafa'atnya di yaumil akhir kelak. Aamiin...

Kepada keluarga besar Bapak ............. dan ibu ............. yang kami hormati, ijinkan kami berdiri di sini bertutur merangkai kata sebagai penyambung lidah dari keluarga besar Bapak ............ dan ibu ............. selaku orang tua dari Saudara ............. (calon mempelai pria) untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan akad nikah yang insya Allah sebentar lagi akan kita saksikan bersama, sebagai berikut : 


Pertama, kami beserta rombongan keluarga besar Babak ............. dan ibu ............. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan hangat dan luar biasa atas kedatangan kami di pagi hari ini. Sehingga jauhnya perjalanan dan capek di badan menjadi tidak terasa lagi.

Selanjutnya adapun maksud dan tujuan kedatangan kami jauh-jauh dari kota ........... menempuh jarak yang tidak dekat, melewati kemacetan jalan, dengan tetap menunggu penuh kesabaran, adalah tidak lain dan bukan untuk memenuhi permintaan anak kami, Saudara : .............. (calon mempelai pria) dalam rangka melaksanakan perintah atau sunnah Rasulullah dan untuk menyempurnakan keimanan dan keislamannya yaitu membangun keluarga yang sakinah mawwadah warrahmah untuk melahirkan generasi yang sholeh dan sholehah bersama tambatan hatinya yatiu Saudari : ............. (calon membepelai wanita) yang merupakan putri dari Bapak : ............ dan Ibu.............

Ibarat buah adalah buah yang sudah matang di pohon kalau tidak dipetik busuk jadinya, kalau terlambat, nanti dicuri orang, berhubung telah datang kesempatan yang baik, maka jangan sampai disia-siakan. 

Untuk memenuhi maksud tersebut diatas, dengan ini kami serahkan sepenuhnya dari ujung rambut hingga ujung kaki, serta lahir dan batin yang tulus ananda : Saudara : ............. (calom mempelai pria) kepada Bapak ............ (orang tua calon mempelai wanita) untuk dapat segera dinikahkan dengan putri bapak ...........dan ibu ...........yang bernama Saudari : ............ (calon mempelai wanita).  

Tidak lupa juga, kami sampaikan sedikit buah tangan atau oleh-oleh yang kami bawa, mohon jangan dilihat dari besar atau nilainya, tetapi lebih kepada maksud dan harapan kami yaitu sebagai tanda ketulusan dan untuk mempererat hubuhan tali kekeluargaan antara keluarga besar kedua mempelai. 

Dan pada akhirnya kami dan rombongan dari keluarga calon mempelai pria mohon ma'af yang sebesar-besarnya apabila kedatangan kami menganggu ketenangan, dan barangkali ada ucapan, perilaku, yang kurang berkenan, sedari kedatangan hingga kepulangan nanti, kami mohon untuk dibukakan pintu ma'af yang seluas-luasnya, khususnya kepada keluarga Bapak .............. (calon mempelai pria)  dan juga para hadirin sekalian.

Demikian yang dapat saya sampaikan dan saya akhiri dengan : Bilahi taufik wal hidayah akhirul kalam, wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.    

2 Responses to "CONTOH PIDATO/SAMBUTAN PENYERAHAN CALON PENGANTIN PRIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel