DO'A PARA NABI, DIANTARA 8 NABI YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR'AN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting  Do'a). Pembaca budiman yang dirahmati Allah SWT. , salam jumpa kembali dengan : Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam. Kali ini kami akan mengupas materi Doa Para Nabi, Diantaranya 8 Nabi.

Banyak sekali doa-doa para nabi dan rasul yang dapat kita amalkan atau panjatkan setiap hari. Mereka adalah manusia pilihan Allah dan sebaik-baik contoh (model) untuk diteladani. Beliau atau para Nabi juga diuji dan dicoba Allah dengan kesulitan, keresahan, penyakit, perlawanan para musuh dan aneka tantangan lain dalam berdakwah, hingga merekapun menyadari hanya dengan meminta pertolongan Allah lah kesulitan akan dapat diatasi, karena hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Hanya Allah tempat kita meminta.
Do'a-do'a dalam artikel berikut adalah yang diabadikan dalam Al Quran yang pernah dipanjatkan oleh para Nabi :

1. Do'a Nabi Daud a.s
وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يٰجِبَالُ أَوِّبِى مَعَهُۥ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ 
أَنِ اعْمَلْ سٰبِغٰتٍ وَقَدِّرْ فِى السَّرْدِ ۖ وَاعْمَلُوا۟ صٰلِحًا ۖ إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
 "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya," (QS Saba' : 10)

"(yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan". (QS Saba' : 11)

2. Do'a Nabi Sulaiman a.s. 
    1. Mohon Kerajaan yang Kuat.

رَبِّ اغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ 

  "Ya, Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dilimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Enkaulah Yang Maha Pemberi". (QS Shaad : 35) 

    2. Mohon kesyukuran dan Rahmat Allah 
  
رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ الصّٰلِحِينَ
"Ya, Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engaku ridhai dan masukkanlah aku dengan RahmatMu ke dalam golongan hamba-hambaMu yang saleh" (QS An-Naml : 19)

3. Do'a Nabi Nuh a.s. 
    1. Mohon Pertolongan Allah 
فَدَعَا رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَغْلُوبٌ فَانتَصِرْ
"Maka dia mengadu kepada Tuhannya : bahwasanya aku ini adalah orang yang dikalahkan, oleh karena itu tolonglah (aku)" (QS Al Qamar : 10) 
  2. Mohon Ampun dan belas kasihan Allah
رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِى بِهِۦ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ الْخٰسِرِينَ
"Ya, Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dan memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat) nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi" (QS Hud : 47). 
  3. Memohon Ampun Untuk kedua orang tua dan seluruh kaum beriman. 
رَّبِّ اغْفِرْ لِى وَلِوٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا 
"Ya, Tuhanku ampunilah aku ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orangorang yang dzalim itu selain kebinasaan". (QS Nuh : 28)  

4. Doa Nabi Ayub a.s.      
    1. Do'a minta keturunan / anak                                                                                                                            رَبِّ    هَبْ    لِى    مِنَ    الصّٰلِحِينَ  
"Ya, Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seoran ganak) yang termasuk orang-orang yang soleh." (QS As Saffat : 100)  
    2. Mohon Kesembuhan Penyakit.
إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِينَ  
"Ketika ia mnyeru Tuhannya : (Ya Tuhanku) sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang diantara semua penyayang". (QS al Anbiya: 83)

5. Nabi Yunus a.s. 
لَّإ لٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ الظّٰلِمِينَ
"Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) setelah Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzolim" (QS. Al-Anbiya : 87)

6. Do'a Nabi Luth a.s.
 رَبِّ انصُرْنِى عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِينَ
"Ya Tuhanku tolonglah aku (dengan dengan menimpkan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu" (QS al-Ankabut : 30) 

7. Do'a Nabi Yusuf  a.s
رَبِّ قَدْ ءَاتَيْتَنِى مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِى مِن تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى الدُّنْيَا وَالْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِالصّٰلِحِينَ 
"Ya, Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerhkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian takbir mimpi (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah pelindung di dunia dan di akhirat. wzafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh." (QS Yusuf : 101) 

8. Do'a Nabi Yaqub a.s. 
    1. Mohon kesabaran
 فَصَبْرٌ جَمِيلٌ ۖ وَاللَّـهُ الْمُسْتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ 
"maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongnNya terhadap apa yang kamu ceritakan." (QS Yusuf : 18) 
    2. Minta Keputusan Allah 
رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفٰتِحِينَ
"Ya, Tuhan kami berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah pemberi keputusan yang seabik-baiknya." (QS al 'Araaf : 89)
    3. Mengadu Hanya Kepada Allah
  إِنَّمَآ أَشْكُوا۟ بَثِّى وَحُزْنِىٓ إِلَى اللَّـهِ وَأَعْلَمُ مِنَ اللَّـهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
"Ya'qub menjawab : Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihan, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kami tiada mengetahuinya" (QS Yusuf : 86) 
    4. Memuji Sifat Allah Sebagai Penjaga dan Penyayang 
فَاللَّـهُ خَيْرٌ حٰفِظًا ۖ وَهُوَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِينَ  
"Maka Allah adalah sebaik-baik penjaga dan Dia adalah Maha Penyayang di antara Penyayang" (QS  Yusuf 64)
    5. Mohon Tetap Dalam Tawakal. 
إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّـهِ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَعَلَيْهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُتَوَكِّلُونَ  
"Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri" (QS Yusuf : 67) 

Pembaca baca juga artikel yang ini : Al Qur'an

0 Response to "DO'A PARA NABI, DIANTARA 8 NABI YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR'AN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel